Cara Setting Satelit Telkom 4 Agar Channelnya Lebih Lengkap

Sering mengalami hilang sinyal atau pindahnya channel ke satelit Telkom? Tenang saja, kini sudah ada cara setting satelit Telkom 4 yang bisa dicoba sendiri tanpa harus memanggil tukang service.

Seperti kita ketahui satelit Merah Putih atau yang lebih dikenal dengan satelit Telkom adalah satelit komunikasi geostasioner yang didesain untuk dapat melayani siaran televisi berkualitas tinggi.

Satelit Telkom 4 ini diluncurkan pada tanggal 7 Agustus 2018. Untuk mendapatkan sinyal pada satelite ini kamu harus mengatur posisi parabola dengan tepat agar sinyalnya bagus.

Nah, jika kamu ingin melakukan penyetingan ulang untuk satelit Telkom, kamu bisa menggunakan cara-cara di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Menggunakan HP Jam Tangan Smartwatch

Cara Setting Satelit Telkom 4 Terbaru 2021

Buka Tab menu

Pertama buka bagian menu pada televisi yang biasa kamu gunakan, dan pilih menu satelit. Selanjutnya tekan tombol merah pada remot untuk mulai memasukan nama satelit yang ingin kamu setting.

Keyboard Virtual

Tunggu beberapa saat, nantinya akan muncul virtual keyboard. Tulis nama satelit Telkom 4 pada kolom yang telah disediakan. Kemudian klik tombol berwarna kuning pada remote untuk menyimpan data baru.

Input Posisi dan Ukuran

Langkah berikutnya kamu harus menginput posisi dan ukuran. Kamu bisa memasukan derajat yang sesuai dan klik kembali tombol berwarna kuning untuk menyimpan data.

Pastikan kamu memperhatikan setiap pengisian derajatnya dengan pas, karena hal tersebut akan mempengaruhi channel yang muncul pada receiver tersebut.

Mengatur DiSEqC

Langkah selanjutnya lakukan setting lanjutna, kamu harus mengatur bagian DiSEqC. Setting lanjutan ini dilakukan untuk mempermudah pencarian channel yang hilang. Jangan lupa utnuk menghubungkan DiSEqC 1.0 dan 1.1 dengan aturan yang tepat.

Jika semua channel yang kamu inginkan sudah ada, jangan lupa simpan dengan memilih opsi Yes.

Penguncian Channel

Selain itu, kamu juga harus melakukan penguncian pada semua channel agar channel tidak hilang.

Penguncian ini bisa kamu lakukan secara manual arau transponder  dengan memasukan data dan frekuensi terkait.

Untuk melakukan pencarian input seluruh data secara detail mulai dari symbol rate, frekuensi, dan polarity dan klik Save untuk menyimpan data. Seperti transponder Trans 7 yakni 3720 H 32727 atau 3875 H 6000.

Jangan lupa untuk menggunakan blind scanning untuk menampilkan channel yang hilang atau tersembunyi. Klik Tombol Biru pada remote untuk mulai proses memindai.

Jika pengaturannya sudah selesai klik “Search atau pencarian”. Proses pencarian channelnya akan segera dimulai.

Semua cara diatas akan memakan waktu hingga 10 menit bahkan lebih. Jika semua channel belum muncul kamu bisa melakukan scanning ulang.

Setelah itu klik Save untuk menyimpan nya dengan baik.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Headset Bluetooth Samsung

Nah, itu dia cara setting satelit Telkom 4 yang bisa kamu coba. Semoga berhasil