Cara Mengembalikan Channel TV yang Hilang Pada Parabola

Sering geram saat menonton TV karena sinyalnya tiba-tiba hilang? Tenang saja kini kamu bisa menggunakan cara mengembalikan channel TV yang hilang pada parabola.

Dengan adanya acara tersebut kamu tidak harus repot memanggil tukang service parabola untuk mengembalikan chanel TV yang hilang.

Seperti kita ketahui kini tersedia banyak receiver atau parabola yang kekinian, mulai dari K-Vision, Matrix dan Tanaka.

Chanel yang hilang sendiri biasanya disebabkan oleh tiga aspek, oleh penggunanya, dari sistemnya, atau dari parabola yang mengalami pergiliran.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mengembalikan channel yaitu dengan menginstall atau mencari ulang chanel dan mengubah posisi parabola.

Nah, untuk itu berikut kami akan membahas cara mengembalikan chanel televisi yang hilang dengan mudah secara mandiri. Yuk, simak pembahasan di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Mencari Channel Indosiar dan SCTV di Parabola

Cara Mengembalikan Channel TV yang Hilang Pada Parabola

Terdapat beberapa opsi yang harus kamu lakukan untuk mengembalikan channel Tv yang hilang di parabola, berikut langkah-langkahnya:

Gunakan Fitur Blind Scan

Fitur Blind Scan bisa digunakan untuk mencari chanel yang hilang berdasarkan signal quality dan signal strength.

Blind scan sendiri merupakan salah satu proses terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan chanel TV yang hilang.

Metode ini harus diaplikasikan ke seluruh receiver yang ada di parabola.

Cara pertama yang harus kamu lakukan dengan blind scan yaitu buka menu pengaturan terlebih dahulu dengan remot, lalu pilih opsi instalasi.

Selanjutnya pilih satelit dan cari satelit yang sesuai dengan keinginan kamu. Namun kamu juga harus mengecek kekuatan sinyal dan channel tersebut harus memiliki sinyal lebih dari 60%.

Kemudian tekan tombol biru untuk melakukan scanning > pilih Blind Scan pada opsi mode scan. Tunggu beberapa saat biasanya proses ini memakan waktu 5-10 menit.

Jika proses blind scan berakhir maka semua transponder yang tersedia akan masuk ke receiver.

Semua channel yang sebelumnya hilang akan masuk kembali, kamu bisa mengeceknya apakah chanel favorit kamu sudah masuk atau belum.

Jika sudah melakukan proses blind scan tapi sinyal dari salah satu chanel favorit kamu belum tertangkap, mungkin hal tersebut bukan kesalahan dari sinyal, tapi dari alasan lainnya.

Untuk itu, kamu bisa melakukan pengecekan secara berkala untuk mengetahui letak permasalahan dari hilangnya sinyal receiver.

Mengecek Posisi dan Arah Parabola untuk Mengembalikan Channel TV yang Hilang Pada Parabola

Selain melakukan pemrograman ulang kamu juga harus melakukan pengecekan terhadap posisi dan arah parabola.

Pastikan posisinya sudah benar ke arah yang tepat dan tidak berpindah, karena sedikit saja posisi parabola bergeser akan menyebabkan sinyal chanel hilang.

Bergesernya parabola bisa disebabkan oleh angin yang kencang, barang, atau tersenggol manusia. Cara mengembalikan channel TV yang hilang pada parabola ini cukup umum terjadi.

Cek Kehidupan konektor dan kabel LNB

Untuk lebih memastikan penyebab hilangnya channel TV, kamu juga bisa melakukan pengecekan terhadap kabel LNB. Bisa saja kabel LNB putus atau LNB-nya mati yang menyebabkan chanel hilang.

Fungsi dar LNB sendiri berfungsi untuk menangkap sinyal yang telah difokuskan oleh parabola dan meng convert nya menjadi sinyal untuk dikirim ke receiver.

Untuk memastikan LNB kamu hidup kamu bisa mengeceknya dengan melihat jumlah sinyalnya.

Jika jumlah sinyal sekitar 60% bisa jadi ada yang salah di kabel LNB yang membuat beberapa bagian mati dan menyebabkan beberapa chanel hilang.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mengganti LNB tersebut. Pasalnya, LNB memiliki peran yang cukup penting dalam penangkapan sinyal.

BACA JUGA: Cara Memprogram TV Parabola

Nah, itulah cara mengembalikan channel TV yang hilang pada parabola. Cukup mudah bukan?