Cara Mencari Sinyal Parabola Palapa dan Telkom Dengan Cepat

Untuk pengguna TV, pasti tidak asing lagi dengan cara mencari sinyal parabola Palapa dan Telkom bukan? Ya, kedua sinyal tersebut memiliki cakupan yang luas dan menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Dengan adanya sinyal Palapa dan Telkom pengguna bisa melakukan tracking untuk mendapatkan sinyal agar bisa menonton film pada televisi.

Terdapat banyak hal yang membuat sinyal Palapa dan Telkom hilang, mulai dari bergesernya posisi satelit hingga tidak koneknya kabel dari parabola atau LNB.

Namun perlu diperhatikan kamu harus berhati-hati karena untuk mendapatkan kedua sinyal tersebut harus mengubah posisi parabola ke arah yang tepat.

Nah, untuk mencari sinyalnya kembali kamu bisa menggunakan cara di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Memprogram TV Parabola

Cara Mencari Sinyal Parabola Palapa dan Telkom dengan Cepat

Cara Manual

Pertama kamu bisa menggunakan cara manual untuk mendapatkan sinyal parabola yang hilang.

Namun untuk menggunakan cara ini kamu harus memprogram dengan teliti karena cara ini akan memakan langkah yang panjang.

Nah, berikut langkah-langkah mencari sinyal Palapa dan Telkom secara manual:

Mengubah settingan receiver

Pertama kamu bisa mengubah setting receiver atau melakukan program ulang dengan menggunakan kedua sinyal satelit tersebut.

Untuk mendapatkan sinyal ini kamu harus menetapkan posisi parabola di 108 derajat agar semua channel yang tersembunyi bisa kamu dapatkan.

Selain menetapkan posisi parabola kamu juga harus memantau perubahan program sinyal pada televisi, jika posisinya sudah pas maka semua channel akan muncul.

Putar tiang

Seperti kita ketahui, posisi satelit Telkom berada di orbit 118 °E dan satelit Telkom berada di posisi 108 °E Bujur Timur. Untuk mendapatkan kedua sinyal tersebut kamu harus mengarahkan parabola ke satelit Telkom.

Namun, untuk mengarahkannya dibutuhkan tenaga dan ketepatan yang ekstra dimana kamu tidak bisa mengerjakannya sendiri.

Pasalnya, jika sasaran kamu tidak tepat akan berpengaruh ke sinyal Palapa dan lainnya.

Cara Positioner

Cara kedua kamu bisa menggunakan Positioner, cara ini cukup mudah dan cepat untuk dilakukan, dimana kamu hanya perlu memasang positioner pada parabola.

Setelah terpasang tekan tombol reset pada remot control positioner, proses ini akan memakan waktu cukup lama sampai muncul nilai 000 di display positioner.

Untuk mencari posisi satelit sendiri, kamu bisa melihat posisi positioner yang benar dengan melihat layar TV.

Ada saluran TV yang akan dijadikan patokan oleh alat ini, seperti channel yang ada di satelit Palapa D yaitu TVOne, MNC,Global dan lainnya.

Selanjutnya tekan tombol INFO pada remote control receiver parabola untuk melihat kualitas sinyalnya, pastikan kamu menemukan posisi yang tepat agar mendapat sinyal yang tinggi dan bagus.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Anycast dari HP ke TV

Nah, itu dia cara mencari sinyal parabola Palapa dan Telkom yang bisa kamu coba. Semoga berhasil!