Cara Mencari Sinyal Parabola Matrix yang Hilang

Sebenarnya mencari sinyal parabola matrix yang hilang tidak terlalu sulit, kamu hanya membutuhkan beberapa cara singkat untuk menemukannya kembali.

Seperti kita ketahui parabola matrix merupakan parabola yang yang cukup umum dan banyak digunakan, terlebih pengguna juga akan mendapatkan channel yang beragam dengan harga yang cukup murah.

Namun terdapat beberapa kendala yang terjadi dari penggunaan parabola matrix, salah satunya sinyal yang menghilang secara tiba-tiba.

Hal tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti oleh pemasangan konektor yang kurang pas, bergeser, atau putusnya sambungan kabel receiver.

Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut, penasaran dengan cara mengatasinya? Yuk, simak pembahasan di bawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal Parabola Matrix yang Hilang

Cek Pemasangan Konektor

Pertama kamu bisa mengecek pemasangan konektor, karena konektor juga bisa menjadi salah satu penyebab hilangnya sinyal parabola matrix.

Pastikan kamu menghindari berbagai benda atau aspek lainnya yang akan mengganggu sambungannya.

Konektor juga harus tertutup, agar air tidak masuk ke dalam nya. Kamu bisa menggunakan isolasi untuk menutupnya atau benda lain yang dirasa aman.

Posisi Antena yang Longgar

Selanjutnya kamu bisa mengecek posisi antena untuk cara mencari sinyal parabola Matrix yang hilang.

Sinyal buruk atau hilang bisa juga disebabkan oleh longgarnya antena dan LNB dan membutuhkan kekencangan, kamu bisa mengencangkan bautnya menggunakan kunci yang tersedia.

Kamu juga harus sering melakukan pengecekan pada antena atau LN, karena hujan dan angin yang kencang juga bisa membuat kerusakan pada aspek tersebut.

Bila dirasa posisi parabola tidak aman dan rawan kamu bisa memindahkannya ke posisi yang lebih strategis.

Perhatikan Arah Parabola

Seperti kita ketahui untuk mendapatkan berbagai chanel kamu harus memilih posisi satelit yang sesuai dan pas.

Arah parabola yang berubah juga bisa menjadi penyebab hilangnya sinyal parabola matrix, untuk itu kamu harus mengecek apakah arah parabola tersebut sudah tepat.

Arah parabola matrix sendiri diarahkan ke satelit Telkom 4 di 108 BT dengan transponder 3900 V 29800.

Untuk memudahkan kamu mengarahkan parabola, kamu bisa menyimpan atau memasang di lahan terbuka, hindari memasangnya dekat pohon karena akan membahayakan alur sinyal yang masuk.

BACA JUGA: Cara Mengembalikan Channel TV yang Hilang Pada Parabola

LNB Parabola Rusak

Seperti kita ketahui parabola biasanya memiliki lebih dari satu LNB, hal tersebut dibuat untuk menghindari rusaknya satu LNB.

Kerusakan LNB atau receiver ini juga bisa dipicu oleh pemasangan yang tidak pas atau memang pada bagian receivernya mengalami kerusakan.

LNB memang masih bisa diperbaiki, namun jika sudah rusak parah kamu tetap harus menggantinya.

Nah, untuk memunculkan sinyal parabola matrix yang hilang kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

Cek Signal Intensity

Kamu harus melakukan pengecekan terhadap signal intensity. Jika sinyal masih ada sedikit mungkin receiver masih bisa berjalan dengan baik.

Namun jika sinyal hilang, mungkin hal tersebut disebabkan oleh kerusakan LNB.

Cari Transpondernya

Jika tidak ada masalah pada signal intensity, kamu bisa mengecek pemasangan transpondernya. Patikan transponder terpasang dengan kencang jangan sampai ada baut yang kendor.

Selain itu kamu juga harus mengecek bagian fisik dari penggunaan konektor. Untuk mencari permasalahannya kamu harus melakukan pengecekan secara mendalam agar mengetahui masalah utama dari hilangnya sinyal parabola.

Dengan ditemukannya masalah, proses penanganan akan menjadi lebih mudah dan cepat.

BACA JUGA: Cara Mencari Sinyal Parabola Palapa dan Telkom

Demikianlah pembahanan dari cara mencari sinyal parabola matrix yang hilang, cara diatas bisa kamu gunakan untuk mengantisipasi sinyal hilang tanpa harus memanggil ahli service TV.