Cara Mencari Satelit Telkom 4, Terbaru 2021

Cara mencari satelit Telkom 4 biasanya dilakukan untuk mencari channel yang hilang atau channel yang kamu inginkan pada satelit tersebut.

Untuk beberapa orang mungkin melakukan tracking Telkom 4 di parabola besar sangat perlu dilakukan, lain halnya dengan teknisi parabola yang dengan mudahnya menemukan satelit yang mereka inginkan.

Satelit sendiri memiliki posisi yang tidak tetap dan sesekali berpindah. Hal tersebut tentunya menyebabkan chanel di televisi hilang dan kamu tidak bisa menonton film yang kamu favoritkan.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa melakukan tracking ulang dan mengalihkan satelit dari Palapa D ke satelit Telkom 4.

Namun perlu diperhatikan jika ingin mencari satelit sendiri kamu harus mencari atau memutar parabola dengan tepat, karena jika  salah akan menimbulkan kesalahan yang cukup fatal.

Nah, untuk itu berikut kami akan mengulas cara mencari satelit Telkom 4 yang bisa kamu coba.

BACA JUGA: Cara Setting Satelit Telkom 4

Cara Mencari Satelit Telkom 4 Tanpa Tukang Service

Seperti kita ketahui satelit Telkom 4 atau lebih dikenal dengan satelit Merah Putih merupakan salah satu satelit yang dibuat untuk menggantikan satelit Telkom 1.

Untuk mencari sinyal pada satelit ini kamu bisa menggunakan langkah-langkah di bawah ini:

Menambahkan satelit Telkom 4

Pertama kamu harus mengatur posisi parabola di satelit palapa D (113.0°E). Selanjutnya tekan menu pada remote receiver untuk membuka menu Instalasi.

Jangan lupa untuk menambahkan transponder dan frekuensi untuk melakukan tracking.

Setelah itu buka  Daftar Satelit dan nantinya akan terbuka laman satelit, disini kamu bisa melihat satelit apa saja yang sudah terdaftar pada receiver kamu.

Seperti keterangan sebelumnya, mungkin kamu tidak akan menemukan nama satelit Telkom 4. Untuk itu kamu harus  mengganti nama Telkom 1 menjadi Telkom 4.

Untuk mengubahnya kamu harus memasukkan nama satelit dan garis bujur dan tekan OK pada pengaturan satelit. Nama satelit tersebut akan langsung tersimpan secara otomatis.

Setelah itu perhatikan garis bujurnya. Garis bujur untuk Telkom 4 adalah 108.0°E, dan untuk LNB-nya 5150.

Menambahkan Transponder

Langkah selanjutnya yaitu kamu harus menambahkan frekuensi atau transponder. Pertama tekan Go to pada remote dan masuk ke menu Transponder.

Setelah itu, masukan frekuensinya yaitu 03890 atau 3890 dengan simbol rate 06000 di polaritas Horizontal. Jika sudah lengkap kamu bisa menyimpan perubahan tersebut.

Proses Scanning

Langkah berikutnya kita harus merubah posisi parabola dari satelit Palapa D (113.0°E) ke Telkom 4 (108.0°E). Untuk merubahnya kamu bisa menggunakan positioner dan alihkan ke arah barat.

Jika sebelumnya kamu tidak memasang positioner kamu bisa mengaturnya langsung dengan cara naik ke tempat parabola terpasang.

Seperti halnya memasang, kamu harus membawa berbagai alat dan perlengkapan mulai dari baut, tang, obeng dan kunci lainnya yang dirasa kamu butuhkan.

Setelah itu atur posisi parabola, kamu bisa memakainya secara perlahan ke arah Barat.

Untuk melakukan cara ini pastikan kamu dibantu oleh orang lain untuk memantau jumlah sinyal yang didapatkan di receiver.

Semakin naik jumlah sinyal yang kamu dapatkan maka akan semakin banyak channel yang kamu dapatkan.

Jika sudah dapat kualitas sinyal bagus tekan tombol biru pada remote untuk mencari sinyal. Setelah itu lakukan scan untuk mencari channel favorit kamu yang hilang.

Proses ini akan memakan waktu 5-10 menit, setelah proses selesai kamu bisa mencari chanel yang kamu inginkan, jika belum ada kamu bisa melakukan scan ulang.

BACA JUGA: Cara Mencari Channel Indosiar dan SCTV

Nah, itu dia cara mencari sinyal di satelit Telkom 4 yang bisa kamu coba. Semoga berhasil.