Cara Memprogram TV Parabola yang Tidak Ada Sinyal

Bagi kamu pengguna TV digital, wajib banget nih tahu cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal.

Seperti kita ketahui sinyal parabola kerap kali berubah, apalagi jika kamu pengguna baru parabola, pasti halus melakukan pemrograman terlebih dahulu untuk mendapatkan channel televisi yang kamu inginkan.

Sebelum kamu melakukan pemrograman, harap perhatikan dulu penyebab hilangnya atau tidak menemukan sinyal dari parabola.

Nah, jika kamu ingin melakukan pemrograman pada TV parabola kamu bisa menggunakan langkah-langkah berikut ini.

BACA JUGA: Aplikasi Untuk Membuat Website

Cara Memprogram TV Parabola yang Tidak Ada Sinyal

Salah Instal Program pada Receiver

Untuk memprogram sinyal, kamu harus mengecek receiver agar berfungsi dengan baik.

Receiver sendiri berfungsi untuk menangkap siaran televisi yang berasal dari polaritas vertikal dan horizontal.

Nah, untuk mengetahui penyebab hilangnya sinyal kamu bisa mengecek fungsi dan settingan dari receiver. Karena jika terjadi kerusakan mungkin bukan sinyalnya yang hilang tapi receiver yang tidak beroperasi dengan baik.

Kehilangan atau Ganti Satelit

Selanjutnya, kamu harus mengecek satelit terkait dari semua channel yang ada pada televisi. Biasnya hilangnya satelit diakibatkan oleh dua perkara, yaitu rusaknya swit atau dialihkannya penggunaan satelit.

Untuk mengatasi hal ini kamu harus melakukan pemrograman ulang atau mengganti salah satu bagian yang rusak, karena hal ini biasanya terjadi akibat LNB yang mati.

Tapi sebelum kamu mengganti inb tersebut, pastikan terlebih dahulu dengan cara melakukan pemrograman ulang pada setiap satelit yang ada.

Mengecek Frekuensi dan Polarisasi

cek frekuensi

Cara Memprogram TV Parabola yg Tidak Ada Sinyal. (IST)

 

Tak hanya kesalahan pemrograman hilangnya sinyal parabola juga bisa disebabkan oleh dan beberapa kesalahan lainnya seperti adanya perubahan pada frekuensi.

Karena sekarang tidak semua channel yang terdapat pada satelit Palapa D pindah ke Telkom 4. Jadi bisa saja channel tersebut hilang dan harus dilakukan pemrograman ulang.

Kabel dan Konektor Kendur Yang Mengakibatkan Sinyal Parabola Lemah

Cara memprogram televisi yang tidak ada sinyal selanjutnya bisa dengan mengecek  sinyal parabola dari kabel atau konektor parabola tersebut.

Bisa saja hilangnya sinyal parabola disebabkan oleh kendornya kabel. Hal ini cukup umum terjadi karena kurang kuatnya baut yang terpasang pada parabola.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mengecek secara berkala setiap baut yang terpasang pada parabola, arena kendornya baut akan menyebabkan hilang atau melemahnya sinyal parabola.

BACA JUGA: Cara Membuat Akun YouTube

Nah, itu dia masalah dan cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal yang bisa kamu coba. Dengan begitu kamu tidak harus memanggil tukang untuk memperbaikinya.